Sabtu, 11 Februari 2012

RPP IPA SMK Kelas X Semester 2


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (1)
Berdasarkan Permen Diknas no 41 th 2007
Tentang standar proses

1.                   Identitas Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan          : SMK
Kelas                                     : X
Semester                            : 2
Program Keahlian            : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran                : IPA
Waktu                                  :10 x 40’ (5x pertemuan )

2.                   Standar Kompetensi
Memahami gejala alam melalui pengamatan

3.                   Kompetensi Dasar
                Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk  memperoleh informasi gejala alam abiotik. 

4.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.              Menjelaskan 3 peristiwa yang membuktikan bahwa bumi bulat.
2.              Menjelaskan bentuk bumi tidak bulat seperti bola.
3.              Menjelaskan periode rotasi bumi.
4.              Menjelaskan akibat rotasi bumi.
5.              Menjelaskan pengertian eliptika.
6.              Menjelaskan periode revolusi bumi.
7.              Menjelaskan akibat revolusi bumi.
8.              Menjelaskan 3 gerak bulan.
9.              Menjelaskan perubahan bentuk bulan.
10.          Menjelaskan peristiwa pasang naik dan pasang surut.
11.          Menjelaskan peristiwa gerhana bulan dan gerhana matahari.

5.                   Tujuan Pembelajaran

Ø Pertemuan 1
     
1.    Siswa dapat menjelaskan 3 peristiwa yang membuktikan bahwa bumi bulat melalui tanya jawab dengan    benar.
2.    Siswa dapat menjelaskan bentuk bumi tidak persis seperti bola melalui ceramah interktif dan tanya jawab dengan benar.
3.    Siswa dapat menjelaskan peristiwa rotasi bumi melalui tanya jawab dengan benar.

Ø Pertemuan II
1.    Siswa dapat menjelaskan 4 akibat dari rotasi bumi melalui tanya jawan dengan benar.
2.    Siswa dapat menyebutkan periode peredaran benda-benda langit (matahari, bintang dan bulan) melalui tugas baca dengan benar.
3.    Siswa dapat menjelaskan   pembagian waktu secara internasioanal melalui tanya dengan benar.
4.    Siswa dapat menjelaskan 3 daerah waktu di Indonesia melalui tanya jawab dengan benar.
5.    Siswa dapat menentukan waktu pada daerah tertentu melalui ceramah interaktif dengan benar.
6.    Siswa dapat menjelaskan pembelokan arah angin akibat rotasi bumi melalui pengamatan gambar dengan benar
7.    Siswa dapat menjelaskan arah pembelokan arus laut akibat rotasi bumi melalui Tanya jawab dengan benar

Ø Pertemuan III
1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian ekliptika melalui tanya jawab dengan benar.
2.  Siswa dapat menjelaskan 4 akibat dari rotasi bumi melalui tanya jawabdengan benar.
3.  Siswa dapat menjelaskan gerak semu tahunan matahari melalui pengamatan diagram dengan tepat.
4.  Siswa dapat menjelaskan saat semua tempat di bumi mendapat sinar matahari selama 12 jam melalui pengamatan diagram dengan tepat.
5.  Siswa dapat menjelaskan 4 macam pergantian musim di belahan bumi utara atau selatan melalui melalui tanya jawab dan pengamatan gambar dengan benar.
6.       Siswa dapat menjelaskan ketidakcocokan kalender Julian dengan kalender matahari melalui ceramah interaktif dengan benar.

Ø Pertemuan IV
1.       Siswa dapat menjelaskan 3 gerak bulan melalui tanya jawab denganbenar.
2.    Siswa dapat menjelaskan 5 fase bulan (perubahan bentuk bulan) melalui pengamatan gambar dengan benar.
3.       Siswa dapat menjelaskan peristiwa pasang naik dan pasang surut melalui tanya jawab dengan benar.
4.       Siswa dapat menjelaskan peristiwa gerhana bulan dan gerhana matahari melalui pengamatan gambar dengan benar.

Ø Pertemuan V ( evaluasi akhir sub KD)


6.                   Materi Ajar
Ø Pertemuan I.
Konsep :
-          Bukti bahwa bentuk bumi bulat
1.         Kapal yang meninggalkan pelabuhan mengikuti lengkung bumi, mula-mula badan kapal menghilang & akhirnya tiang-tiangnya.
2.         Kapal yang berlayar terus ke satu arah tertentu akan kembali ke tempat semula. Pelayaran ini pertama kali dilakukan oleh Magelhan Tahun 1522.
3.         Bukti yang tak terbantahkan adalah potret bumi dari pesawat Apollo 17 bulan Desember 1972.

Fakta :
-          Bentuk bumi tidak bulat seperti bola, tetapi agak pepat di kedua kutubnya dan menggembung di sekitar khatulistiwa.
-          Bumi berputar dengan posisi miring sekitar 230.
-      Bumi berotasi dari barat ke timur (negative=berlawanan dengan arah jarum jam)…
-      Kelajuan rotasi bumi 1667 km/jam.

Ø Pertemuan II.   
      Akibat rotasi bumi :
                Konsep :
-          Peredaran semu harian benda-benda langit.
Peredaran semu benda-benda langit berbeda akibat rotasi bumi.

-          Pergantian siang dan malam.
Karena periode peredaran semu harian matahari 24 jam, maka panjang siang atau malam rata-rata 12 jam. Panjang periode siang & malam di khatulistiwa hampir sama sepanjang tahun yaitu siang 12 jam & malam 12 jam. Perbedaan panjang siang dan malam akibat perbedaan posisi di bumi. Semakin jauh dari khatulistiwa semakin besar perbedaan siang&malam.

-          Perbedaan waktu.
Perbedaan waktu tergantung pada perbedaan garis bujur. Ketika bumi berotasi satu kali, semua tempat di bumi telah berputar menempuh 3600 garis bujur. Satu kali rotasi adalah 24 jam atau 1440 menit. Jadi 3600 ditempuh dalam waktu 1440 menit maka waktu yang diperlukan untuk 10 adalah 4 menit. Jadi tempat yang berbeda 10 bujur akan berbeda waktu 4 menit.
-          Pembelokan arah angin.
Aliran angin membelok ke kanan pada belahan bumi utara, dan membelok ke kiri pada belahan bumi selatan disebut efek coriolis.

-          Pembelokan arus laut.
Arah pembelokan angin sama dengan pembelokan arus laut.

-          Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi.

Fakta :
-          Benda-benda langit beredar dari timur ke barat.
-          Peredaran semu harian matahari : 24 jam, bintang 23 jam 56 menit, bulan 24 jam 50 menit.
-          Di khatulistiwa  lama siang dan malam hamper sama yaitu siang 12 jam dan malam 12 jam.
-          Semakin jauh dari khatulistiwa semakin besar perbedaan siang dengan malam.
-          Bumi berotasi dari barat ke timur sehingga orang di Indonesia bagian timur lebih duluan melihat matahari dari orang di Indonesia bagian barat.
-          Rotasi bumi menyebabkan pembelokan arah angin.
-          Udara bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah.
-            Aliran angin membelok ke kanan pada belahan bumi utara, dan membelok ke kiri pada belahan bumi selatan.
-            Arus laut membelok searah jarum jam di laut-laut belahan bumi utara dan berlawanan arah jarum di laut-laut belahan bumi selatan.
-            Percepatan gravitasi di kutub besar dari pada disekitar khatulistiwa.

Ø Pertemuan III

Konsep :
Akibat revolusi bumi
-          Gerak semu tahunan matahari.
-          Pergantian musim.
-          Perbedaan lamanya siang dan malam.
-          Terlihatnya rasi bintang yang berbeda-beda.
-          Tarikh matahari.

Fakta :
-          Periode revolusi bumi adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik
-          Matahari melakukan pergerakan semu tahunan ke utara dan ke selatan khatulistiwa.
-          Di daerah beriklim subtropis mengalami 4 musim yaitu musim semi, musim panas,musim gugur dan musim dingin.
-          Pada musim panas dan musim semi  waktu siang lebih lama, pada waktu musim gugur dan musim dingin waktu malam lebih lama.
-          Indonesia mengalami  dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
-          Antara bulan Oktober – Maret Indonesia mengalami musim kemarau, sedangkan antara bulan April – September Indonesia mengalami musim hujan.
-          Dari bulan ke bulan rasi bintang yang terlihat berbeda- beda.
-          Selain melakukan gerak revolusi bumi juga melakukan gerak presisi yang arahnya positif.

Ø Pertemuan IV
Konsep
-       Bulan
Fase bulan
-          Perubahan bentuk semu bulan berlangsung selama satu bulan sinodik adalah 29,5 hari.
a.    Pada kedudukan 1 (bulan baru)
      Bulan ,matahari dan bumi terletak pada satu garis lurus.
b.    Kedudukan 2 (bulan sabit)
Separoh bagian bulan yang menghadap ke bumi hanya ⅓ yang terkena sinar     matahari.
c.Kedudukan 3 (Perbani awal)
Separoh bagian bulan yang menghadap bumi hanya  yang terkena sinar matahari.
d.    Kedudukan 4 (bulan benjol)
      Separoh bagian bulan yang menghadap ke bumi ⅔ yang terkena sinar matahari.
e.    Kedudukan 5 (bulan purnama)
Matahari, bumi dan bulan kembali terletak pada satu garis lurus dan bumi berada antara matahari dan bulan.
-       Pasang naik dan pasang surut disebabkan adanya gaya tarik bulan terhadap bumi.
-       Gerhana bulan dan gerhana matahari.
      Gerhana bulan dan gerhana matahari disebabkan oleh bayangan bumi atau bulan  yang      menutupi sinar matahari.

Fakta :

-       Bulan sebagai satelit alami bumi melakukan 3 gerakan sekaligus, yaitu:
1.Revolusi, yaitu gerak bulan mengelilingi bumi.
2.Rotasi, gerak bulan pada porosnya.
3.Bersama-sama dengan bumi mengelilingi matahari.
-       Permukaan bulan yang menghadap ke bumi selalu sama.

7.                  Alokasi waktu : 400  menit
a.       TM             : 400 menit
b.      PT              : 150 menit


8.                   Metode Pembelajaran
§  Ceramah interaktif
§  Tanya jawab
§  Diskusi kelompok

9.                   Kegiatan Pembelajaran

Langkah – langkah kegiatan

Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.











2.














3
1.    Pendahuluan
a.Prasyarat
*        Guru mengucapkan salam
*        Guru memimpin siswa berdoa
*        Guru mengambil absen siswa
*        Apersepsi pelajaran semester 1 atau pengamatan di lingkungan siswa sendiri.
*        Mengawali pelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang bentuk bumi dan bentuk lapisan kulit bumi.
b. Motivasi
*        Apakah bentuk permukaan bumi itu bulat persis seperti bola?
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi :
*        Guru memperkenalkan SK dan KD yang akan dipelajari.
*          Guru memperlihatkan globe
Elaborasi
*        Guru mengemukakan konsep tentang bentuk bumi.
*        Guru dan siswa bertanya jawab tentang peristiwa yang membuktikan bumi bulat.
*        Guru dan siswa bertanya jawab tentang bentuk bumi yang bulat seperti jeruk.
*        Siswa menjawab beberapa pertanyakan yang disediakan oleh guru tentang rotasi bumi.
Komfirmasi
*        Siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
*        Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3.    Penutup
*        Mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai.
*        Member tugas pada siswa untuk membaca materi tentang akibat rotasi bumi.


Religius
Religius
Disiplin





Rasa ingin tahu


Rasa ingin tahu



Komunikatif







Komunikatif



Mandiri
10












60













    

  10

Pertemuan II
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.








2.





















3.
1. Pendahuluan
*        Guru mengucapkan salam.
*        Guru memimpin siswa berdoa.
*        Guru mengambil absen siswa.
*        Guru memberikan pertanyaan tentang materi pada.
       Pertemuan 1
*        Sebagai motivasi guru menanyakan akibat dari rotasi bumi.

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
*      Guru menginformasikan konsep tentang akibat dari rotasi bumi.
Elaborasi
*      Siswa dibagi atas 4 kelompok, masing-masing kelompok bekerja untuk mendiskusikan akibat rotasi bumi.
*      Dalam kelompok siswa mengisi pertanyaan yang disediakan guru.
*      Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawaban pertanyaan ke papan tulis oleh masing-masing kelompok.
Komfirmasi
*      Guru dan siswa mendiskusikan jawaban untuk membuat kesimpulan.
*      Guru meminta siswa untuk mencatat kesimpulan.
*      Guru memastikan bahwa seluruh siswa telah mengetahui jawaban yang benar.
*      Guru memberikan penekanan tentang konsep-konsep penting.

Penutup
*      Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang kerjanya baik.
*      Guru memberikan pertanyaan sesuai indikator yang ingin dicapai sebagai test formatif.

Religius
Religius
Disiplin


Rasa ingin tahu






Toleransi


Kerjasama

Demokratis
10








60





















10
Pertemuan III
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.








2.














3.
1. Pendahuluan
*        Guru mengucapkan salam.
*        Guru memimpin siswa berdoa.
*        Guru mengambil absen siswa.
*        Guru menanyakan pelajaran minggu lalu yaitu tentang rotasi bumi.
*        Sebagai motivasi guru menanyakan gerakan lain yang dilakukan bumi selain rotasi.

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
*      Guru memberikan informasi tentang revolusi bumi dan akibat revolusi bumi.
*      Dalam kelompok diskusi siswa berdiskusi tentang akibat dari revolusi bumi.
*      Siswa mencatat hasil diskusi kelompok.
*      Siswa membacakan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Komfirmasi
*      Siswa dan guru membuat kesimpulan hasil diskusi kelas.
*      Guru memberikan penekanan tentang konsep-konsep penting.

Penutup
*        Guru mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan sesuai indikator (test formatif secara lisan).
*        Guru memberikan tugas baca kepada siswa tentang bulan, pasang naik dan pasang surut serta peristiwa  gerhana.

Religius
Religius
Disiplin


Rasa ingin tahu





Demokratis
Gemar membaca



Komunikatif







Kerja keras

10 menit








60 menit














10 menit

Pertemuan IV

No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.









2.













3
1.    Pendahuluan
*        Guru mengucapkan salam.
*        Guru memimpin siswa berdoa.
*        Guru mengambil absen siswa.
*        Apersepsi pelajaran semester 1 atau pengamatan di lingkungan siswa sendiri.
*        Mengawali pelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang gerakan rotasi dan revolusi bumi.
*        Guru memberi pertanyaan untuk memotivasi siswa: Bagaimana gerakan bulan ?
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi :
*        Guru memperkenalkan SK dan KD yang akan dipelajari.

Elaborasi
*        Guru mengemukakan konsep gerakan bulan.
*        Guru dan siswa bertanya jawab tentang fase bulan.
*        Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengaruh bulan terhadap bumi.
Komfirmasi
*        Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan..
*        Guru meberi penekanan tentang konsep-konsep penting.
3.    Penutup
*        Mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai.


 Religius
Religius
Disiplin




Rasa ingin tahu


Rasa ingin tahu


Komunikatif
Gemar membaca


komunikatif





10 menit









60 menit












 
10 menit

Pertemuan V
-          Guru menagih tugas dari siswa.
-          Guru memberikan informasi tentang tugas yang tidak terjawab oleh siswa.
-          Ulangan harian 1

10.               Penilaian Hasil Belajar

1.         Jenis Penilaian      : test, non test
2.         Teknik Penilaian   : tertulis
3.         Bentuk Penilaian   : pilihan ganda, laporan pengamatan
4.         Prosedur Penilaian: diakhir



Soal
No.
Butir soal
Kunci
Skor
1.








2.






3.



4.





5.





6.



7.



8.




9.




10.



11.



12.





13.




14.



15.





16.






17.






18.





19.



20.



21.





22.





23.






24.





25.
Dari pertanyaan dibawah ini yang tidak membuktikan bahwa bumi itu bulat adalah . . . .
a.       Kapal yang meninggalkan pelabuhan mengikuti lengkung bumi
b.      Kapal yang berlayar kesatu arah, akan kembali ketempat semula
c.       Potret bumi terhadap matahari
d.      Bentuk orbit bumi terhadap matahari

Bumi tidak persis seperti bola, tetapi agak pepet dikedua tutupnya, ini dissebabkan oleh . . . .
a.       Khatulistiwa berayun kearah luar akibat rotasi bumi
b.      Bumi berevolusi terhadap matahari
c.       Bulan berevolusi terhadap bumi
d.      Orbit bumi berbentuk lingkaran

Berapakah lama waktu untuk 1 kali rotasi bumi  . . . .
a.       24 jam                              c.   354 hari
b.      365 hari                           d.   29 hari

Matahari bergerak dari timur kebarat disebut . . . .
a.       Peredaran semu harian matahari
b.      Perbedaan waktu
c.       Peredaran semu terluar matahari
d.      Perubahan musim

Manakah yang bukan akibat rotasi bumi . . . .
a.       Peredaran semu harian benda langit
b.      Peredaran musim
c.       Perbedaan waktu
d.      Pembelokan arah angin

Perbedaan tempat 1o bujur, terjadi perbedaan waktu . . . .
a.       60 menit                         c.   4 menit
b.      15 menit                         d.  24 jam

WIB dimulai dari bujur . . . .
a.       90 o BT                             c.   120 o BT
b.      135 o BT                           d.  105 o BT

Suatu saat di kota Greenwich menunjukan pukul 10.30 pukul berapakah ditempat 45 o BB . . . .
a.       8.30                                 c.   6.00
b.      6.30                                 d.  7.30

Menurut efek Coriolis angin diwilayah utara bumi membelok kearah . . . .
a.       Kanan                              c.   Atas
b.      Kiri                                   d.   Bawah

Bidang orbit bumi disebut . . . .
a.       Elips                                 c.   Poros
b.      Ekliptika                          d.   Gravitasi

Periode revolusi bumi adalah . . . .
a.       24 jam                             c.    29,5 hari
b.      365 ¼ hari                       d.   354 hari

Akibat revolusi bumi, kecuali . . . .
a.       Pergantian musim
b.      Gerak semu tahunan matahari
c.       Perbedaan waktu
d.      Terlihatnya rasi bintang yang berbeda-beda

Pada periode 21 maret-21 juni kawasan utara bumi (subtropis)  mengalami musim . . . .
a.       Semi                                c.    Panas
b.      Gugur                              d.   Dingin

Tahun kabisat pada kalender Yulian adalah . . . .
a.       2008                                c.   2000
b.      2004                                d.   2002

Bulan melakukan 3 gerakan sekaligus, kecuali
a.       Revolusi mengelilingi bumi
b.      Rotasi pada porosnya
c.       Revolusi pada porosnya
d.      Revolusi mengelilingi matahari bersama bumi

Semua tempat di bumi mendapat sinar matahari selama 12 jam,kecuali daerah kutup, pada priode . . . .
a.       21 maret-21 juni
b.      21 juni-23 september
c.       21 juni atau 22 desember
d.      21 maret atau 23 september

Ketika matahari - bulan - bumi berada pada garis lurus, maka fase . . . .
a.       Bulan sabit                     c.   Bulan purnama
b.      Bulan baru                     d.   Bulan awal



Pada posisi manakah kuartil awal . . . .
a.       Bulan antara matahari dan bumi
b.      Bulan berbentuk sabit
c.       Bulan membentuk sudut 90o terhadap bumi
d.      Bulan berbentuk purnama

Periode bulan siderik adalah . . . .
a.       24 jam                             c.   29,5 hari
b.      27 1/3 hari                       d.   354 hari

Jumlah hari dalam 1 tahun kelender hijriah adalah . . . .
a.       29,5 hari                         c.   354 hari
b.      30 hari                            d.   365 hari

Penyebab utama pasang naik dan pasang surut adalah . . . .
a.       Gaya tarik bulan terhadap bumi
b.      Gaya tarik bumi terhadap bulan
c.       Rotasi bumi pada porosnya
d.      Rotasi bulan pada porosnya

Manfaat peristiwa pasang surut diantaranya, kecuali . . . .
a.       Pembuatan garam di tepi pantai
b.      Persawahan pasang surut
c.       Pembangkit listrik tenaga pasang surut
d.      Pembuatan tambak ikan

Jika bulan beroposisi (bulan purnama) dan bulan tepat titik simpulnya, akan terjadi . . . .
a.       Gerhana matahari
b.      Gerhana bulan
c.       Gerhana sebagian
d.      Gerhana cincin

Gerhana matahari terjadi pada saat  . . . .
a.       Bulan baru tepat pada titik simpulnya
b.      Bulan purnama tepat pada titik simpulnya
c.       Bulan sabit tepat pada simpulnya
d.      Bulan benjol tepat pada simpulnya

Ketika umbra bulan menutupi sinar matahari terjadi gerhana matahari . . . .
a.       Total                                c.   Sebagian
b.      Penumbra                      d.   Cincin
D








A






A



A





B





C



D



D




A




B



C



A





C





D


B





C






B






C





C



      C



A





D





B






A





A
4








4






4



4





4





4



4



4




4




4



4



4





4





4


4





4






4






4





4



4



4





4





4






4





4





Jumlah
25
100


11.               Sumber Belajar

v Silbus IPA
v Modul IPA
v Gambar
v Globe
v Buku penunjang yang relevan





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar